Pembuatan Tahu Sutera

Tahu sutera merupakan salah satu produk olahan kedelai. Meskipun kelihatannya seperti tahu biasa tahu sutera mempunyai perbedaan dengan tahu-tahu yang lain. Tahu sutera dibuat dengan teknik khusus yang akan menghasilkan tekstur tahu yang empuk, lembut, dan gurih. Karena teksturnya yang lunak tahu sutera sering dipakai sebagai makanan penutup (dessert) atau resep olahan tahu sutera yang lain.

Pada dasarnya proses pembuatan tahu sutera hampir sama dengan pembuatan tahu biasa. Perbedaannya yaitu pada bahan atau agen penggumpal tahunya. Pada proses pengolahan tahu sutera digunakan Glucono Delta Lactone (GDL) sebagai bahan penggumpal. Agen penggumpal tersebut diberikan dengan konsentrasi yang sangat rendah berkisar 0,2 sampai 0,3 persen dari jumlah susu kedelai yang dipakai.

Satu lagi yang membedakan proses pembuatan tahu sutera dengan tahu-tahu pada umumnya adalah dalam pengolahan Curd atau hasil gumpalan tahunya. Untuk menghasilkan tahu sutera, curd atau gumpalan tahu tidak di pres maupun dipisahkan dari cairannya. Melainkan harus didiamkan agar menyerupai agar-agar.

Bahan-bahan pembuatan tahu sutera:
1. Kedelai (3kg)
2. Glucono Delta Lactone (GDL) sebanyak 72gr
3. Air secukupnya


Pencarian Google: membuat tahu pong, membuat tahu sumedang, membuat tahu sutra, tahu sutra bandung, tahu sutera untuk bayi

3 komentar: